Geez Music membahas segala tentang musik. Mulai dari perkembangan musik dalam negeri, band, musisi, acara musik, dan lain-lain.

Minggu, 01 Januari 2017

Sampe alat musik tradisional Suku Dayak di Kalimantan

SAMPE ALAT MUSIK TRDISIONAL SUKU DAYAK DI KALIMANTAN


Selain terkenal dengan tarian tradisionalnya, Suku Dayak di Kalimantan juga terkenal dengan alat musik Tradisionalnya yaitu Sampe.

Apakah Sampe itu? Yuk kita cari tahu disini!

Sampe adalah salah satu Alat Musik Tradisional Suku Dayak di Kalimantan. Alat musik satu ini sering digunakan dalam mengiringi berbagai acara adat seperti tarian adat dan keseninan adat lainnya. hampir semua sub Suku Dayak di kalimantam menggunakan alat musik satu ini unutk pelengkap acara adat mereka. namun setiap sub Suku Dayak memiliki penamaan yang berbeda-beda seperti Sampe', Sape', Sempe, dan Kecapai.

Sampe dalam bahasa Dayak di artikan "Memetik dengan jari". Sama seperti namanya, Alat Musik ini dimainkan dengan cara di petik. Bentuk dari Sampe ini sama seperti Gitar. Namun memiliki gagang yang pendek. Selain itu, Senar yang digunakan biasanya hanya menggunakan 3-4 Senar. Sampe awalnya hanya menggunakan senar dari serat Pohon Enau, Namun seiring perkembangannya, Senar yang digunakan adalah kawat kecil. Salah satu keunikan pada Sampe ini adalah bagian ujung Sampe yang dihiasi dengan ukiran yang menjadi ciri khas Suku Dayak, Yaitu kepala Burung Enggang.

Berikut adalah video cara memainkannya.




Artikel : Bagus Andri Kurniawan

Foto : Bagus Andri Kurniawan

Video : Sumbner YouTube

Share:

0 komentar:

Posting Komentar