Geez Music membahas segala tentang musik. Mulai dari perkembangan musik dalam negeri, band, musisi, acara musik, dan lain-lain.

Senin, 02 Januari 2017

Musik Rap dan Rapper Indonesia yang Booming di YouTube



Hallo, guys!
Apa sih yang biasanya kalian lakukan saat sedang santai? Pasti di antara kalian ada yang suka dengerin lagu dong. Nah, kali ini Geez Music akan membahas tentang genre music Rap.

Dikulik dari Wikipedia, Rap adalah salah satu dari empat elemen budaya Hip-hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band. Rap dapat juga ditelusuri kembali ke akar Afrika, di mana berabad-abad sebelum musik Hip-Hop ada, Afrika Barat
telah memberikan cerita berirama yang bernama griots, lebih dari drum dan instrumentasi jarang. Koneksi tersebut telah diakui oleh seniman masa kini. Biasanya, rapper seperti penyanyi biasa, yaitu bernyanyi solo. Contohnya adalah Iwa K. Ada pula rapper yang menjadi anggota band misalnya Rayi yang tergabung dalam Ran.

Di Indonesia sendiri musik Rap telah berkembang dan menjadi salah satu genre musik yang mendapat perhatian. Musisi-musisi lokal yang karya musik rap atau hip-hopnya telah meramaikan blantika musik Indonesia di antara nya adalah Iwa K, Soul ID, Saykoji, Fade to Black (Bondan Prakoso & Fade 2 Black), Batik Tribe, dan 8 Ball. Jenis musik terbaru yang ada adalah trip Hop, yaitu perpaduan antara Jazz dan Hip-hop, salah satu musisi Trip Hop Indonesia yang kental unsur Rap nya adalah Aji Kikuta.

Nah udah pada tau kan Rap itu seperti apa? Udah tau dong. Kalau kalian suka nonton Youtube, sebenarnya banyak penyanyi-penyanyi yang membuat lagu sendiri dan menguploadnya di Youtube, salah satunya penyanyi Rap. Dengan mengupload di Youtube, seluruh dunia bisa melihat mereka dan karya mereka. Tidak jarang, hanya dengan mengupload secara iseng-iseng saja, video mereka bisa meledak dan bisa menjadi buah bibir di kalangan netizen. Geez Music juga akan kasih tau nih siapa aja penyanyi Rap asal Indonesia yang booming akhir-akhir ini.
1. Rich Chigga
Brian Imanuel alias Rich Chigga, rapper lokal yang baru berusia 16 tahun, menjadi sensasi internet karena rapper-rapper terkenal di Amerika Serikat menyukai lagunya. Hingga saat ini videonya yang berjudul Dat $tick sudah ditonton 5 juta kali di Youtube sejak diunggah Februari lalu. Dalam video yang diunggah oleh 88Rising, sejumlah rapper kondang AS seperti Ghostface Killah, Desiigner, Tory Lanez memuji lagu dan bakat ngerap Rich Chigga. Bahkan Ghostface Killah mengatakan mau jika diminta menjadi produser dan me-remix lagu-lagu Rich Chigga. Rich juga tidak terlalu serius soal penampilannya. Di videonya, dia menggunakan kaus polo dikancing hingga leher dan memakai tas pinggang sambil berlaga seperti seorang gangster. Dalam sebuah wawancara dengan Shinden App, Brian mengatakan dirinya sudah dikontrak oleh label rekaman yang menaungi rapper lain seperti Keith Ape dari Korea dan Father dari AS." Saya sebenarnya tidak berbakat menulis lagu. Saya butuh waktu seminggu untuk menulis lagu," kata Brian kepada Shinden App. Nah berikut video klip Dat $tick yang mendulang banyak viewers di YouTube.


 

2. Young Lex
Yup, bagi kalian yang suka nonton YouTube pasti tahu dong sama yang namanya Young Lex. Young Lex merupakan rapper Indonesia yang saat ini lagi diperbincangkan banget, lho. Rapper yang bernama asli Samuel Alexander Pieter ini lahir di Jakarta, 18 April 1993. Kalau kalian lihat di channel YouTube nya, ternyata Young Lex sudah lama menekuni dunia Rap. Lagu ciptaannya juga asik-asik lho, seperti O Aja Ya Kan, Ganteng Ganteng Swag, Slow, dan Bad. Yang paling menaikkan namanya adalah saat dia berkolaborasi dengan selebgram Awkarin di lagu Bad. Pasalnya di video klip mereka, banyak sekali dislike yang diberikan oleh para viewers-nya. Hal ini dikarenakan lagu tersebut dinilai jelek dan nggak banget. Tapi sebenernya musiknya asik-asik aja, loh, guys, untuk didengerin. Penasaran seperti apa lagunya, ini dia.


 


Nah itu dia, guys. Walaupun mereka bukan penyanyi professional, mereka sangat bertalenta dan aksi Rap-nya patut untuk didengerin kan. Dukung terus musik Indonesia ya, guys, nggak cuma musik dari luar negeri aja.



Artikel: Nelam Dewinta Putri
Foto: Google Image
Video: YouTube
Share:

0 komentar:

Posting Komentar